d

RUBICON

Sebuah wadah bagi seniman, pekerja budaya dan aktivis di Bandung

Rubicon menawarkan wadah untuk menemukan bentuk interdisipliner dari solidaritas yang berkelanjutan dan praktik kolaboratif.

“Crossing the Rubicon” menggambarkan momen di mana seseorang melewati titik tanpa harapan. Yori Papilaya, anggota Rakarsa, menggambarkan situasi saat ini di tengah pandemi sebagai momen RUBICON: “Kita telah mencapai titik tak bisa kembali, di mana kita harus bersama-sama membentuk realitas“ baru ”kita agar dapat bertahan . ” Bagaimana kita bisa bekerja sama untuk membuat model kolaborasi baru? Solusi apa untuk masalah terkini dalam lanskap perkotaan kita yang dapat kita temukan secara kolektif – dalam seni, karya kreatif, dan aktivisme? Bagaimana kita bisa melatih solidaritas jangka panjang di kota kita? Pertanyaan-pertanyaan ini berada di tengah-tengah RUBICON dan terungkap dalam tiga sub-tema:

Redefine – Identitas dan Keragaman Kolektif
Reform – Lingkungan dan Keberlanjutan
Reconnect – Keadilan dan Pemberdayaan Sosial

Sebagai kemitraan antara Rakarsa Foundation, Goethe-Institut Bandung, dan Institut Francais d’Indonésie Bandung dan didukung oleh German-Franco Cultural Fund, RUBICON menawarkan wadah bagi seniman, praktisi budaya, pekerja kreatif, pelajar, aktivis, dan inisiatif masyarakat sipil untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk baru solidaritas yang berkelanjutan di antara disiplin ilmu dan untuk menemukan praktik kolaborasi baru.

Proyek tersebut mencakup Ngopi, serangkaian unconferences dari Februari hingga Juni, hackathon dan lokakarya dengan praktisi budaya dari Indonesia, Jerman, dan Prancis pada musim gugur 2021, fase pembuatan prototipe untuk proyek-proyek pemenang hackathon, dan pameran terakhir pada Desember 2021. mendokumentasikan proses, jaringan, dan menunjukkan solusi pasca-COVID interdisipliner untuk tantangan perkotaan di Bandung.

PARTNER

Goethe-Institut adalah institut kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktivitasnya ada di banyak negara. Kami turut mengembangkan pengetahuan mengenai bahasa Jerman di luar Jerman dan memelihara kerjasama internasional dalam bidang budaya.

Sejak berdiri 45 tahun yang lalu, IFI Bandung merupakan salah satu dari 4 cabang IFI dan 2 cabang Alliances Françaises yang tersebar di seluruh Indonesia. Misi IFI Bandung adalah mempromosikan bahasa prancis, pendidikan tinggi di Prancis dan budaya prancis.

Rakarsa Foundation didirikan pada tahun 2018 sebagai basis kolektif untuk mempromosikan seni visual kepada masyarakat luas. Rakarsa Foundation telah menghubungkan seniman dan pekerja kreatif dengan institusi dan perusahaan seperti di LPPM ITB, Bekraf, Danone, dan Gojek; menyediakan jasa sebagai konsultan seni, manajemen seni, pembinaan dan pelatihan. Pada tahun 2020, Rakarsa Foundation bergeser untuk menonjolkan aspek interdisipliner dalam praktik seni dan budaya kolektif di Bandung.

Rangkaian Acara

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.