d

Ngopi.4: Menghadap Sungai Bersama

18 Maret 2021
19:00 - 21:00

Zoom
Reservasi: http://bit.ly/ngopi_04

Setelah membicarakan apa dan bagaimana kolektif artistik pada tiga sesi sebelumnya, Ngopi.4 hingga Ngopi.6 mengantarkan kita pada kerjasama artistik dan budaya dalam menyikapi tantangan bersama akan tempat kita berada. Ngopi.4 akan berangkat dari salah satu aspek alam yang paling krusial bagi kehidupan: air dan sungai. Moderator Endira F. Julianda (Rakarsa) dan fasilitator Riyadhus Shalihin (Bandung Performance Art forum) mengundang partisipan untuk berbagi pengalaman dalam melihat, mengangkat dan mengatasi isu seputar air dan sungai di kota Bandung. Bagaimana inisiatif sipil dapat memberdayakan dirinya? Dimanakah letak praktik artistik dan budaya? Sesi ini juga akan mengundang Agung Eko Sutrisno (Performance.rar) dan Mang Dian.

Agung Eko Sutrisno, seniman media baru yang memanfaatkan performance art dalam prakteknya yang tinggal dan berkarya di kota Bandung. Ia mendirikan prfmnc.rar, menjadi anggota Forum Seni Pertunjukan Bandung (BPAF) sebagai scenographer, juga anggota Collective Visual Art Klub Remaja, dan Kapital Space. Sebagai seniman, Agung Eko Sutrisno tertarik pada nilai-nilai kearsipan dan pelestarian memori kolektif sebagai impuls kreatifnya. Ia juga mengangkat air sebagai bagian dari riset artistik dan karyanya di Cigondewah dan Arcolabs.

Mang Dian adalah pegiat lingkungan yang banyak beraktivitas seputar pelestarian sungai dan manajemen sampah, diantaranya bersama Komunitas Cikapundung, Karang Taruna Kelurahan, dan PHL BBWS Citarum. Kini Ia menjadi ketua Komunitas Masagi dan Ketua RT 04 Cibogo, Bandung.

Endira F Julianda adalah perupa dan pegiat seni rupa berdomisili Bandung. Kekaryaannya berkutat seputar konstruksi akan alam yang ditelusuri melalui observasi terhadap kehidupan urban. Ia juga terlibat dalam pengelolaan berbagai inisiatif seni rupa di Bandung serta turut mendirikan Koperasi dan Yayasan Rodha Among Karsa. Endira akan berperan sebagai moderator untuk Ngopi.4 hingga 6.

Riyadhus Shalihin adalah pendiri dan direktur artistik Bandung Performance Art Forum, merupakan seorang dramaturg, penulis naskah drama, pembuat teater, seniman video dan pertunjukan, yang telah terlibat dalam banyak pertemuan dan festival seni kontemporer nasional dan internasional. Ia menjadikan arsip untuk menciptakan imajinasi sosial dalam menciptakan karya. Riyadhus akan berperan sebagai fasilitator untuk Ngopi.4 hingga 6.


Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.