.

Pendidikan Informal

Pendidikan Informal

IFI menawarkan sejumlah pelatihan khusus yang disediakan oleh mitra unggulan. Pelatihan ini berfokus pada kebutuhan dan prioritas kerja sama antara Prancis dan Indonesia, yaitu: kesetaraan gender, pariwisata, kewirausahaan, dan digitalisasi.

Women and Leadership for ASEAN countries

Pelatihan Women and Leadership for ASEAN countries - Oktober 2022

Sejak tahun 2021, IFI, bersama negara-negara anggota dan pengamat ASEAN, mengadakan kursus pelatihan singkat yang diselenggarakan oleh National Institute of Public Service (INSP), dengan tema kepemimpinan perempuan “Women and Leadership for ASEAN countries”. Pelatihan ini ditujukan untuk perempuan dalam posisi manajemen di sektor swasta, publik atau masyarakat sipil. Tujuannya adalah untuk memberi mereka kunci untuk maju dalam karir mereka sebagai seorang pemimpin. 7 peserta Indonesia pada tahun 2021 dan 12 peserta pada tahun 2022 mendapatkan manfaat dari pelatihan ini secara gratis. Seorang peserta dari Timor Leste juga dipilih untuk setiap edisi.

Sesi tentang pembangunan berkelanjutan
Sesi tentang kepemimpinan perempuan

Mentoring untuk 6 pendiri startup teknologi

IFI berkomitmen untuk menyoroti posisi perempuan dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Pada Mei 2022, IFI mengadakan kursus pelatihan sebanyak tiga sesi dengan Digital Mind Media, mitra yang berspesialisasi dalam mendukung perusahaan rintisan di Singapura, yang ditujukan untuk 6 wanita yang telah memulai petualangan wirausaha mereka. Pelatihan untuk mengembangkan startup peserta diberikan oleh para mentor dari dunia wirausaha.

Pelatihan daring untuk pengusaha wanita Indonesia - Mei 2022
Pelatihan daring untuk pengusaha wanita Indonesia - Mei 2022 1

Pelatihan bahasa prancis untuk kebutuhan khusus (Français sur Objectif Spécifique/FOS) di bidang pariwisata untuk pengajar di Politeknik

IFI mendukung pelatihan bahasa Prancis untuk pengajar Politeknik pariwisata. Pada tahun 2022, 17 pengajar Indonesia yang berasal dari Lombok, Medan, Bali, Makassar, Bandung atau Lampung, berkesempatan mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan bersama ENA – Digitalisasi administrasi publik

Pada tahun 2021, IFI mengadakan pelatihan selama 4 hari kepada 14 peserta Indonesia yang berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Lembaga Administrasi Publik Nasional, serta 1 peserta dari Timor Leste dari Departemen Informasi dan Badan Teknologi Komunikasi. Pelatihan yang diberikan oleh ENA ini bertujuan untuk membahas inovasi untuk administrasi, partisipasi demokrasi, transparansi, dll.

Pelatihan daring tentang digitalisasi administrasi publik oleh ENA - 2021

Forum for International Tourism and the Environment (FITE)

Prancis, merupakan negara tujuan wisata terkemuka dunia, dan Indonesia, adalah negara dengan tujuan wisata yang berkembang pesat dengan potensi besar, keduanya menganggap pariwisata sebagai sektor ekonomi prioritas. Terkait hal tersebut, pada tahun 2021, IFI menyelenggarakan F.I.T.E. (Forum for International Tourism and the Environment), bekerja sama dengan universitas di Indonesia dan Georges Washington University.

Menggerakkan lembaga pariwisata di seluruh nusantara, forum dibuka dengan kompetisi video yang menampilkan kreativitas mahasiswa Indonesia dalam tantangan pariwisata masa depan. Peserta dengan video terbaik diundang untuk menghadiri konferensi final, di mana peserta harus mempresentasikan hasil karya mereka di depan juri profesional pariwisata, pengajar, dan anggota komunitas diplomatik. Para pemenang yang terpilih berkesempatan untuk mengikuti kursus pelatihan selama 2 minggu di University of Angers.

Konferensi final FITE – 2021
Pemenang FITE edisi 2019