.

Pelatihan vokasi untuk pendidikan tinggi

Pelatihan vokasi untuk pendidikan tinggi

IFI mengembangkan kerja sama di bidang pelatihan vokasi, sektor yang dianggap sebagai prioritas oleh pemerintah Indonesia dan Prancis, khususnya di sektor-sektor berikut: maritim, pertanian, pariwisata; restoran dan perhotelan, serta industri, listrik dan energi.

Center of Excellence (CoE)

Pada tahun 2018, Center of Excellence (CoE) di bidang kelistrikan, otomasi, dan energi terbarukan diresmikan di Bandung. CoE ini didasarkan pada kemitraan tripartit antara Kementerian Pendidikan Perancis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dan perusahaan Perancis Schneider Electric. Pusat pelatihan percontohan ini berkontribusi pada revitalisasi pendidikan vokasi dimana sejak peresmiannya, 140 sekolah menengah vokasi telah direnovasi dan dilengkapi dengan peralatan Schneider, 400 pengajar dan teknisi telah dilatih, dan lebih dari 24.000 siswa telah terkena dampaknya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 2 Juni 2022 diadakan perayaan dalam rangka renovasi SMK ke-125. Acara ini berlangsung di SMKN 1 Cikarang Selatan, dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan RI, Ibu Suharti, Duta Besar Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Bapak Olivier Chambard dan President of Schneider Electric di Indonesia, Bapak Roberto Rossi.

Situs Centre of Excellence (CoE): https://earecoebandung.id/en

Perayaan Revitalisasi 125 SMK – Juni 2022
Center of Excellence di Bandung

Kemitraan dengan berbagai Campus des Métiers et des Qualifications (CMQ)

Sejak tahun 2016, lebih dari 80 pengajar Indonesia di sektor ekonomi prioritas berkesempatan untuk mengikuti pelatihan di Prancis dalam rangka transfer keahlian pedagogis. Pelatihan ini berlangsung di berbagai CMQ (Campus des métiers et des qualifications), sebuah asosiasi lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi, perusahaan, dan komunitas lokal.

Proyek kerja sama dengan sekolah menengah ini mengembangkan mobilitas, dan menghadirkan keahlian Prancis di bidang kelistrikan, otomasi, dan energi terbarukan.

Ikut serta dalam Indonesian International Student Mobility Awards – Vocational path (IISMA-VO)

IFI mendorong mobilitas pelajar Indonesia ke Prancis dengan mempromosikan program IISMA-VO ke universitas, IUT, dan sekolah Prancis yang menawarkan program berbahasa Inggris di sektor prioritas Kementerian Pendidikan Indonesia, seperti pertanian, industri kreatif, teknik, pariwisata , dll.

Terkait hal tersebut, pada tahun 2022, Polytechnic University of Hauts-de-France menyambut 5 mahasiswa Indonesia sebagai bagian dari program IISMA-VO.

Yang akan datang pada tahun 2023: Kunjungan sekolah Le Cordon Bleu ke Indonesia

IFI akan mendampingi sekolah kuliner Prancis terkenal saat kunjungan ke Indonesia. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memberikan demonstrasi dan kursus pelatihan singkat, menunjukan keahlian Prancis, untuk menjalin hubungan dengan sekolah-sekolah Indonesia, dan sekaligus untuk mempromosikan kemitraan dan mobilitas dalam pelatihan memasak dan keahlian memasak.

Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group) Kerja Sama Pendidikan Prancis - Indonesia

Joint Working Group (JWG) untuk sektor pendidikan antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) dan Kementerian Pendidikan Nasional dan Pemuda (MENJ) diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengonsolidasikan dan mengembangkan kerja sama terkait dengan perkembangan di sektor ekonomi strategis yang didefinisikan bersama oleh kedua negara, khususnya industri ; kelistrikan dan energi ; perhotelan, pariwisata dan restoran ; serta maritim.

JWG juga diselenggarakan untuk pertukaran strategis dan operasional dalam pelaksanaan rencana aksi 3 tahun yang diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan tentang pendidikan teknis dan pelatihan vokasi antara kedua Kementerian, yang berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan di bidang strategis berikut:

  • Pendidikan dan pelatihan vokasi
  • Penilaian dan kualitas pendidikan, penelitian dan inovasi pendidikan
  • Pendidikan sekolah sejak usia dini dan pengajaran bahasa.
JWG sektor Pendidikan – Jakarta, 2019