d

Pelatihan vokasi untuk pendidikan tinggi

Revitalisasi pelatihan vokasi atau kejuruan yang penting dilakukan untuk memastikan hasil bonus demografi, menjadi prioritas kerja Pemerintah Indonesia.

Kerja sama pendidikan Prancis-Indonesia sebagian besar dibangun berdasarkan prioritas kerja ini. Pada tahun 2015, pertemuan-pertemuan bilateral pertama terkait pendidikan vokasi di Fécamp telah merumuskan empat sektor ekonomi yang menjadi kunci daya tarik strategis kedua negara, yaitu kelautan; industri, kelistrikan dan energi; pertanian; serta pariwisata, perhotelan dan restoran.

Pada tahun 2016, penandatangan MoU antara kementerian pendidikan kedua negara mengesahkan prioritas tersebut dan mendefinisikan kerangka kerja sama Prancis-Indonesia di bidang pendidikan. Pada tahun 2019, penyelenggaran JWG pertama yang diakhiri dengan penandataganan rencana aksi bersama, menegaskan pentingnya pendidikan vokasi.

Kerja sama untuk pendidikan vokasi dan teknik telah terwujud dalam 2 realisasi utama:

Penandatanganan plaket Centre d’Excellence oleh Bapak Charles-Henri Brosseau, Konselor Pertama Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, didampingi oleh Bapak Xavier Denoly (Direktur Schneider Electric Indonesia) di sebelah kiri, Ibu Chris Leong (Direktur Pemasaran Umum Schneider Electric), dan Dr. Ananto Kusuma Seta (Staf Ahli Bidang Inovasi Kemdikbud) di sebelah kanan.
  • Pada tahun 2018 lewat peresmian Centre d’Excellence (Pusat Pelatihan) untuk bidang kelistrikan, otomatisasi dan energi terbarukan di Bandung yang merupakan perwujudan dari kemitraan tripartit antara Kementerian Pendidikan Prancis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dan perusahaan Prancis Schneider (yang telah mapan di Indonesia). Pusat pelatihan percontohan ini berkontribusi pada revitalisasi pendidikan vokasi dengan mengadakan pelatihan bagi para pengajar Indonesia yang dibawakan oleh seorang pakar Prancis dari MENJ
  • Sejak 2016, lebih dari 80 pengajar dalam sektor-sektor ekonomi prioritas berkesempatan untuk mengikuti pelatihan di Prancis dalam rangka transfer keahlian pedagogis antarkedua negara kita. Pelatihan ini berlangsung di berbagai CMQ (Campus des métiers et des qualifications), sebuah asosiasi lembaga-lembaga pendidikan menengah dan tinggi, perusahaan dan komunitas lokal.

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.