.

Round Table: “Have We Reached the Athletic Limits of the Human Body?”

22 November 2023
16:00 - 17:30

Dalam rangka “Pesta Sains 2023” Institut français Yogyakarta akan menyelenggarakan round table dengan tema “Sudahkah Tubuh Manusia Mencapai Batas Atletik?

Rabu, 22 November 2023
16.00 – 17.30
IFI Yogyakarta (Jl. Sagan no.3).

Selama beberapa dekade, rekor olahraga telah dipecahkan khususnya berkat profesionalisasi atlet tingkat tinggi. Namun menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Biomedical Research and Epidemiology of Sport (Irmes), yang diterbitkan pada tahun 2015 di Sports Medicine, performa atlet mengalami stagnasi selama beberapa tahun. Bukan saja pencatatan rekor menjadi semakin langka, namun perbedaan hasil pun semakin menipis.

Apakah tubuh kita sudah mencapai batasannya? Penelitian sains apakah mampu membantu tubuh manusia untuk mencapai batas maksimal tanpa melanggar aturan main?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Institut français akan kedatangan 3 ahli dalam acara round table yang bertajuk “Sudahkah Tubuh Manusia Mencapai Batas Atletik?”:

  • Dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM (Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)
  • Jean-François Toussaint (Ahli Kardiologi dan profesor Fisiologi, Universitas Paris ; Direktur Institut Penelitian Biomedis dan Epidemiologi Olahraga)
  • Dr.rer.nat. Apt. Arko Jatmiko Wicaksono, M.Sc. (Divisi Sains Olahraga – KONI DIY ; Departemen Farmakologi dan Terapi, Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)

Diskusi akan dibawakan dalam bahasa Inggris dan akan dimoderatori oleh François Dabin, Direktur Institut français Yogyakarta.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum dengan pendaftaran: https://bit.ly/PestaSainsYk23

—————————

Pesta Sains

Didirikan di Prancis pada tahun 1991, Festival Sains merupakan sebuah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan tantangan-tantangannya, untuk mendorong pertukaran pengetahuan antara peneliti dan masyarakat, untuk mempromosikan karya komunitas ilmiah dan untuk menarik para anak muda untuk berkarya di bidang sains.

Selama acara ini, ribuan ilmuwan, guru, mediator budaya, pustakawan berbagi antusiasme dan keingintahuan mereka terhadap sains, teknik dan inovasi melalui berbagai lokakarya, konferensi, permainan, tur, festival, pertunjukan langsung atau kunjungan ke laboratorium, ke alam dan ke area industri.


Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+