.

Legenda Godogan – Jakarta

27 Agustus 2022
19:00 - 21:00

Reservasi: https://bit.ly/Godogan

Jagat kesenian jawa banyak dipengaruhi oleh suara dan ritme alamiah katak. Berangkat dari dasar tersebut, karya ini ditulis untuk pertunjukan yang mencampurkan tarian dengan gamelan yang di-spasialisasi dan dikombinasikan dengan elektronik.

Formatnya adalah opera, yaitu terdiri narasi, lagu, dan latar panggung. Narasi akan disampaikan dalam bahasa Prancis dan Indonesia.

Penjelajahan baru ke dalam dunia katak ini akan didasarkan pada legenda Godogan si katak. Godogan adalah reinkarnasi dari pangeran Jenggala yang tersesat di hutan saat berburu capung. Dia bertemu Putri Daha dan jatuh cinta padanya… berkat Wisnu yang mengubahnya menjadi pangeran yang menawan, dia akan dapat menikahinya (maka kodok diubahnya menjadi pangeran yang menawan). Selama hidupnya sebagai kodok, Godogan memainkan gendang untuk menandakan sebuah transisi, sebuah transformasi yang selalu merupakan pertanda baik… sejak saat itu, di Jawa, tarian Godogan ditarikan untuk pernikahan karena kodok adalah lambang kesuburan… ia sangat aktif secara seksual… ia kawin selama berjam-jam…. kadang-kadang katak melakukan pesta seks dengan 3, 4, 5 katak… berlatih berayun… menikmati banyak kesenangan dan menciptakan gerak tubuh yang luar biasa… semua ini membuat kita berpikir bahwa pasti insipirasi Kamasutra adalah dari katak.

Pada tahun 1997, saat pertama kali singgah di Yogyakarta atas undangan CCF (Pusat Kebudayaan Perancis), Alex Grillo membuat rekaman bersama seniman gamelan kontemporer Sapto Raharjo, sebuah album berjudul “katak katak bertanggo” atau “tango katak”. Ini adalah anggukan untuk katak, yang memberikan dasar ritmis untuk sebagian besar musik tradisional pulau ini. Album ini juga merupakan perkawinan pertama antara logam: Alex Grillo menyelipkan vibraphone aluminium di dalam gamelan “seperti seorang paman dari Amerika yang telah menemukan keluarganya”, dalam kata-katanya sendiri.

Pada tahun 2019, France Musique menugaskannya untuk menulis lima miniatur untuk program “création mondiale”, yang ia sebut “le retour des grenouilles” atau “kembalinya katak katak”. Dalam karya baru ini, AG memilih elektrifikasi vibraphone berkat alat digital dan pilihan untuk memiliki gamelan yang meledak di angkasa.

Selalu terpesona oleh suara-suara malam Jawa – yang membuatnya tetap terjaga dalam pendengaran 360° dan di mana ia menemukan sensasi orkestra spasial dengan tutti, solo yang muncul, variasi timbre, intensitas, dan nada yang bergerak – pada tahun 2021 festival “détours de babel” di Grenoble menugaskan dia untuk membuat karya baru “le réveil des grenouilles” atau “bangunnya katak katak”. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan lebih banyak lagi arti penting poliritmik dari batrachian dan sensasi amplifikasi ruang akustik yang mereka berikan, serta peran mereka dalam hal sosial dan filosofis.

 Dan di tahun 2022, Alex Grillo, Marie-Pierre, Christian Sebille akan menghadirkan Legenda Godogan. Sebuah hasil karya bersama komunitas gamelan Gayam 16 dari Yogyakarta, akan dihadirkan di beberapa kota di Indonesia. Jangan sampai terlewatkan, penampilan apik mereka di Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Jakarta. Catat tanggal mainnya!


Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+