d

Programme d’Excellence – Bourses d’Études Pour Religieux 2021

Beasiswa dari Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis ini mendanai proyek studi yang relevan dengan topik keagamaan (sejarah, filosofi dan teologi…), dengan prioritas pada tingkat S2 dan S3, namun tidak menutup kemungkinan untuk tingkat S1 tergantung pada kualitas aplikasi yang diterima.

Program ini terbuka baik untuk calon pemuka agama yang akan mengemban tugas di sebuah institusi keagamaan maupun untuk mahasiswa yang memiliki proyek studi dalam bidang sains sosial dan terkait secara langsung pada bidang sains keagamaan.

Sasaran

  • Kandidat memiliki kemampuan berbahasa Prancis. Bagi kandidat yang ingin mengikuti kelas persiapan Bahasa Prancis di Negara Prancis, berkas aplikasi beasiswa harus diajukan sebelum keberangkatan. Hal ini dibuktikan melalui surat keterangan dari penanggung jawab atau pimpinan institusi keagamaan yang menaungi kandidat. Setelah seleksi, jika kandidat terpilih, maka biaya kelas persiapan Bahasa Prancis tetap ditanggung oleh kandidat bersangkutan.
  • Kandidat dari semua negara kecuali yang berasal dari Uni Eropa dan Amerika Utara.
  • Semua agama dapat diterima pada beasiswa ini.
  • Kandidat yang berasal dari luar Prancis dan belum pernah menerima Beasiswa Pemerintah Prancis lebih diutamakan. Kandidat yang saat ini berada di Prancis, juga berkesempatan untuk mendaftar.

Kondisi

  • Beasiswa ini mendanai satu masa studi (atau sebagian, untuk jenis beasiswa pendek). Beban finansial di luar periode studi menjadi tanggungan mahasiswa.
  • Beasiswa ini memperbolehkan bantuan finansial dari pihak ketiga untuk kandidat yang terikat secara kedinasan dengan otoritas atau institusi keagamaan tertentu.
  • Pengelolaan beasiswa ditangani oleh Campus France dengan besaran alokasi standar yang sudah ditetapkan yaitu : 700 €/bulan untuk tingkat S1 dan S2 dan 1.415 €/bulan untuk tingkat S3 dengan nilai tukar mata uang asing yang berlaku pada tanggal 1 Januari 2021.
  • Tidak menanggung biaya perjalanan P/P maupun kursus persiapan bahasa.
  • Mahasiswa yang akomodasinya ditanggung oleh suatu institusi atau asosiasi keagamaan harus menyebutkannya dalam berkas aplikasi.

Jenis beasiswa

Kandidat dapat mengajukan aplikasi untuk salah satu dari jenis beasiswa berikut ini :

Beasiswa jangka panjang

Mencakup satu periode studi antara 12 – 36 bulan untuk satu atau sebagian masa studi di Prancis (S2, S3, terbuka juga untuk S1 tergantung pada kualitas berkas pendaftaran).

Beasiswa jangka pendek

Mencakup satu periode berdurasi 6 bulan dan dapat membiayai masa tinggal di Prancis, bagi yang terdaftar dalam kategori program doktor dengan atau tanpa co-tutel, maupun post-doktoral. Beasiswa ini juga terbuka untuk jenis studi/ penelitian jangka pendek lainnya.

Untuk beasiswa jangka panjang maupun jangka pendek

Seluruh berkas pendaftaran beasiswa dikirimkan kepada Institut Français d’Indonesie (IFI) yang akan melakukan seleksi berkas, sebelum akhirnya diteruskan kepada Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis paling lambat tanggal 1 Mei 2021. Kandidat yang terseleksi akan mendapatkan informasi hasil seleksi di awal Juni 2021.

Berkas yang diperlukan:

  1. Formulir beasiswa yang telah diisi;
  2. Ijazah setara dengan baccalaureate français dan terjemahannya dalam Bahasa Prancis oleh penerjemah yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Prancis di Indonesia;
  3. Ijazah pendidikan terakhir lainnya, dan terjemahannya dalam Bahasa Prancis oleh penerjemah yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Prancis di Indonesia;
  4. Surat keterangan dari institusi pendidikan tinggi di Prancis yang menyatakan pendaftaran kandidat dan gelar yang akan diraih;
  5. Detail proyek studi yang akan ditempuh di Prancis disertai dengan objektif professional setelah studi. Dalam studi doktoral, dimohon untuk menyertakan detail proyek penelitian (proposal) beserta presentasinya;
  6. Untuk kandidat dari Negara non-francophone, menyertakan justifikasi kemahiran Bahasa Prancis: Test de Connaissance du Français (TCF) yang berlaku kurang dari 2 tahun, atau Diplôme d’Etudes de la Langue Française (DELF) tingkat B2; maupun Diplôme d’Etudes Approfondi de la Langue Française (DALF C1 atau DALF C2).

Berkas tambahan untuk kandidat yang terikat pada otoritas atau institusi keagamaan tertentu:

  1. Surat keterangan dari otoritas atau penanggung jawab keagamaan, divalidasi oleh IFI;
  2. Surat rekomendasi dari otoritas atau penanggung jawab komunitas keagamaan, termasuk, dalam hal di mana terdapat beberapa pelamar dari komunitas yang sama, urutan peringkat dari para kandidat yang diajukan;
  3. Dokumen terkait pendanaan bersama yang diberikan oleh otoritas atau komunitas keagamaan.

Seluruh pertanyaan mohon ditujukan melalui surel:
S1 dan S2: annisa.fauziah@ifi-id.com
S3: diah.dharmapatni@ifi-id.com

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.