d

Pertemuan Koproduksi Film Prancis-Indonesia 23 April-23 Juni 2021

Dana dukungan untuk koproduksi film internasional dari Provinsi Île-de-France

Pada bulan Maret 2020, Provinsi Île-de-France telah mengesahkan kebijakan pendukungan koproduksi film internasional dengan bantuan dana mencapai 50% dari biaya produksi yang dikeluarkan di wilayah Île-de-France untuk produksi-produksi film dengan biaya produksi minimal (di wilayah tersebut) 100 ribu euro dan biaya maksimal (yang diperhitungkan) sebesar 500 ribu euro. Jadi, kisaran bantuan yang dapat digelontorkan adalah antara 50 ribu hingga 250 ribu euro.

Kebijakan ini menyasar pada proyek-proyek film yang secara artistik ambisius yang umumnya memerlukan sebuah koproduksi, terutama ketika sebagian dari karya tersebut dibuat di wilayah Île-de-France. Koproduksi juga memungkinkan para produser Prancis untuk berinvestasi lebih banyak lagi pada karya-karya yang memperkaya ragam katalog mereka.

Kebijakan ini bersambut dengan program aksi Film Paris Région, yaitu mempromosikan wilayah Île-de-France untuk mendukung sektor teknis dan artistik yang hingga saat ini masih mengalami krisis, terutama akibat dampak COVID.

Pertemuan Koproduksi Film Prancis-Indonesia

Film Paris Région, Institut Français Indonesia (IFI) dan APROFI menyelenggarakan Pertemuan Koproduksi Film yang akan berlangsung dari 23 April – 23 Juni 2021. Para pegiat film profesional Indonesia dapat mendaftarkan proyek film mereka paling lambat tanggal 23 Mei 2021 melalui email coproduction.meetings@ifi-id.com.

Tahapan prosesnya adalah sebagai berikut:

Tahap 1

Panggilan pendaftaran akan diumumkan kepada produser-produser film Indonesia. Pengisian berkas pendaftaran dilakukan daring melalui tautan ini. Termasuk di dalamnya adalah sinopsis atau treatment film, anggaran produksi, data tentang pendanaan yang telah diperoleh, rencana distribusi dan pemutaran film. Bisa juga dilengkapi dengan ilustrasi proyek film (sketsa, cuplikan film, gambar-gambar yang telah diproduksi).

Tahap 2

Tim juri yang terdiri dari masing-masing satu orang perwakilan dari APROFI, IFI dan Film Paris Région, akan mempelajari berkas-berkas pendaftaran yang masuk. Setelah itu, tim juri akan melakukan seleksi dan mempresentasikannya kepada produser-produser film Prancis.

Tahap 3

Proyek-proyek film terpilih akan dipresentasikan daring dalam bentuk video singkat. Para produser Prancis selain dapat melihat video presentasi itu, mereka juga mendapatkan dokumen tertulis berisi data-data, terutama terkait pendanaan proyek-proyek film tersebut.

Tahap 4

Pertemuan-pertemuan akan diselenggarakan daring antara produser Indonesia dan produser Prancis via platform yang dikelola oleh Film Paris Région.

Tahap 5

Para penyelenggara (APROFI, IFI dan Film Paris Région) akan melakukan tindak lanjut terhadap hasil dari pertemuan-pertemuan tersebut dengan melaporkannya kepada pimpinan dari masing-masing lembaga.
Sekarang bola ada di tangan Anda! Untuk memulai, daftarkan proyek film Anda di sini dan kirimkan kepada kami melalui email coproduction.meetings@ifi-id.com.

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.