.

Peemaï & Gayam 16 – Gaga Gundul Indonesian Tour

Tanggal 19 – 29 November mendatang, grup jazz Prancis “Peemaï” dan kolektif gamelan Jawa “Gayam16” akan menyuguhkan 5 pementasan dalam pertunjukan “Gaga Gundul” di seputar pulau Jawa.

2 pertunjukan akan dipentaskan di Yogyakarta: 

Gratis tanpa tiket masuk dan terbuka untuk umum tanpa pendaftaran!

Proyek “Gaga Gundul” merupakan kolaborasi artistik antara grup Prancis Peemaï dan kolektif jawa Gayam 16 seputar musik jawa. HUbungan getaran perkusi pada Gamelan dan instrumen occidental menciptakan warna suara yang baru. Sebuah repertoar yang mengacu pada tradisi Jawa, aransemen dan improvisasi. Campuran rock, jazz kontemporer, dan pengaruh elektronik pada musik Peemaï, dan komposisi karya khusus untuk instrumentarium ini.

Peemaï berakar dari musik Asia, dari Laos hingga Indonesia, serta dari budaya 4 senimannya. Sebuah musik tanpa batas di mana ritme hipnosis dan melodi yang menghantui berbaur dengan kegembiraan dengan lagu-lagu tradisional yang diciptakan kembali. Satu set musik yang unik dan murah hati, yang mereka bagikan dengan keterlibatan yang riang, energi komunikatif yang dibawa oleh alur yang kuat dan improvisasi yang sensitif dan virtuoso.

Gayam 16 adalah kumpulan musisi Jawa yang ingin melestarikan tradisi permainan gamelan di Jawa, dengan mendukung seniman yang ingin mengembangkan praktik gamelan dan penyebarannya ke luar negeri dan dengan menghasilkan karya gamelan kontemporer baru. Kolektif ini lahir dari ide pemusik Sapto Raharjo. Beliau ingin berkolaborasi dengan penggemar dan pemain gamelan di seluruh dunia dengan mengembangkan budaya tradisional sekaligus menciptakan pengalaman musik baru dengan ansambel instrumental ini. Sejak tahun 1995, Gayam 16 telah menyelenggarakan festival gamelan Yogyakarta setiap tahun – sebuah acara yang tidak dapat dilewatkan untuk setiap pemula atau profesional dari instrumen ini – serta berbagai kegiatan untuk anak muda, lokakarya, pelajaran reguler, video montase dan instalasi artistik lainnya.

Di sela-sela tur Gaga Gundul, grup Peemaï akan mengikuti Jam Session pada Senin, 21 November, mulai pukul 19.00 WIB di Bentara Budaya (Jl. Suroto No.2, Kotabaru, YK), dalam acara Jazz Mben Senen.

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+