d

Pekan Bahasa Prancis dan Frankofoni 2021

18 Maret 2021 - 20 Maret 2021
14:00 - 20:00

Semaine de la Francophonie kembali hadir!

Bekerja sama dengan kedutaan negara-negara frankofon yang ada di Indonesia, kami mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat bahasa Prancis dan budaya negara-negara yang berbahasa Prancis melalui berbagai program menarik, mulai 1 Maret 2021.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan secara daring. Namun, hal ini tentunya tidak akan mengurangi kualitas, kebersamaan dan keceriaan yang selalu ada. Anda dapat berpartisipasi secara virtual ke berbagai acara yang telah kami siapkan, antara lain:

  • Lomba, permainan dan kuis;
  • Pemutaran film di IFcinéma;
  • Acara Pembukaan dan Malam Penutupan.

Anda sudah siap? Sampai bertemu!

Acara Pembukaan

18 Maret 2021 | 14.00 WIB

Semaine de la Francophonie 2021 akan dibuka secara resmi pada Kamis, 18 Maret 2021.

Disiarkan langsung melalui kanal YouTube Institut Français d’Indonésie, kami mengundang Anda untuk hadir menyaksikan keseruan Lomba Pidato tingkat Universitas. Perwakilan dari 15 Program Studi Prancis di Indonesia akan menunjukkan kemampuan berbahasa Prancis mereka.

Jangan lewatkan juga kuis-kuis selama acara berlangsung dan menangkan hadiah menarik dari mitra penyelenggara, negara-negara frankofon!

Kami tunggu kehadiran Anda mulai pukul 14.00 WIB.

Lomba Menyanyi Lagu Frankofon

1 – 14 Maret 2021

Anda siswa/i SMA/SMK/MA yang bertempat tinggal di Indonesia dan sedang belajar bahasa Prancis? Suka menyanyi?

Tunjukkan bakat Anda dengan mengikuti Lomba Menyanyi lagu-lagu berbahasa Prancis dari negara-negara frankofon: Armenia, Belgia, Kanada, Maroko dan Prancis!

Rekam video dan unggah di akun Instagram mulai tanggal 1 sampai 14 Maret 2021. Pilih lagu sekarang dan jangan sampai terlewat karena kuota peserta terbatas untuk setiap lagu. Berbagai hadiah menarik untuk 5 pemenang telah kami siapkan.

Informasi dan pendaftaran: https://bit.ly/ChanterFrancophonie

Lomba Pidato

18 Maret 2021

Mahasiswa/i Program Studi Prancis di Indonesia, ini saatnya Anda berpartisipasi. Selama 5 menit, Anda dapat mengemukakan pemikiran dan pendapat Anda mengenai tema « Francophonie et genre »

Dewan juri yang terdiri dari perwakilan dari mitra diplomatik penyelenggara acara akan menilai dan mengajukan pertanyaan terhadap pernyataan-pernyataan yang Anda sampaikan. Berbagai hadiah menarik telah disiapkan untuk 3 peserta terbaik.

Tunggu apa lagi, tunjukkan kemampuan berbahasa Prancis Anda! Silakan menghubungi Ketua Program Studi di Universitas Anda untuk informasi lebih lanjut.

Periode pendaftaran: 1 – 10 Maret 2021

Permainan Teka-Teki Francophonie

19 Maret 2021 | 19.00 – 21.00 WIB

Seberapa luas pengetahuan Anda mengenai Francophonie? Uji kemampuan Anda dengan bermain Teka-Teki Francophonie tanggal 19 Maret 2021.

Anda akan kami ajak untuk menjelajahi negara-negera Frankofon sambil menjawab pertanyaan dengan bantuan petunjuk-petunjuk yang telah disediakan. Pastikan Anda bisa memahami teks berbahasa Prancis karena seluruh pertanyaan dibuat dalam bahasa Prancis.

Berbagai hadiah menarik kami siapkan untuk 3 peserta terbaik dan tercepat!

Terbuka untuk umum dengan kemahiran berbahasa Prancis minimal tingkat A2.

Klik tautan berikut untuk mendaftar dan bermain! https://bit.ly/TekatekiFrancophonie

Catatan: siapkan scan/foto kartu identitas yang harus diunggah pada saat mendaftar.

Café Philo

17 Maret 2021 | 19.00 WIB

Tahun ini, tema perayaan Frankofoni adalah udara.

Tahun ini juga merupakan perayaan 50 tahun Organisasi Internasional Frankofoni (OIF).

Café Philo akan menjadi wadah untuk berdiskusi mengenai pertanyaan berikut :

Frankofoni, inspirasi baru ?

Kami menunggu Anda untuk turut bertukar pikiran mengenai hal ini hari Rabu, 17 Maret 2021 pukul 19.00 WIB melalui Zoom.

Bapak Duta Besar Prancis untuk Indonesia akan hadir dan menjawab pertanyaan Anda ebagai anggota dari OIF.

Pemutaran film

10 Maret – 10 April 2021

Mulai tanggal 10 Maret sampai 10 April, kami mengajak Anda untuk menyaksikan 4 film pilihan yang bisa diakses di IFcinéma secara gratis!

https://ifcinema.institutfrancais.com/fr/streaming/alacarte

Les malheurs de Sophie oleh Christophe Honoré, 2016, 1 jam 45 menit (Film Anak)

Dari dalam istananya, si kecil Sophie tidak bisa menahan hal yang paling terlarang tetapi paling ia sukai, yaitu menjaili sepupunya, Paul. Saat orang tuanya memutuskan untuk pergi ke Amerika, Sophie sangat senang. Setahun kemudian, ia kemabli ke Prancis bersama ibu tirinya yang menyeramkan, Madame Fichini. Namun, Sophie bisa mengandalkan bantuan dari dua temanya, gadis-gadis kecil teladan, dan ibu mereka, Madame de Fleurville untuk menyelamatkanya dari tangan perempuan itu.

Caméra d’Afrique oleh Férid Boughedir, 1983, 1 jam 30 menit (Film Independen/Dokumenter)

Caméra d’Afrique adalah sebuah hasil dari pengambilan gambar selama sepuluh tahun, yang menceritakan tentang dua puluh tahun pertama dari “film independent” yang lahir di Subsahara Afrika. Berangkat dari cuplikan film, wawancara, testimoni, Sutradara Férid Boughedir mengenang 20 tahun perjuangan, 20 tahun mimpi, agar suatu hari, sinema Afrika bisa terbebas dari hambatan politik dan ekonomi. Melalui dirinya pula, ia ingin dari utara ke selatan, orang-orang Afrika bisa saling bertukar cerita.

Lulu, femme nue oleh Solveig Anspach, 2013, 1 jam 30 menit (Drama/Komedi)

Setelah melalui wawancara kerja yang buruk, Lulu pergi meninggalkan suami dan ketiga anaknya. Namun, menjadi seorang petualang bukanlah hal yang mudah. Di perjalananya, ia akan bertemu dengan tiga tokoh yang akan menentukan nasibnya: seorang terpidana yang dilindungi oleh saudara laki-lakinya, seorang wanita tua yang bosan sampai mati dan seorang karyawan yang dilecehkan oleh bosnya.

Corniche Kennedy oleh Dominique Cabrera, 2016, 1 jam 34 menit (Drama)

Di birunya Laut Mediterania, di kaki vila mewah di Marseille, Marco, Mehdi, Franck, Mélissa, Hamza, Mamaa, Julie menyelam, terbang, mengambil resiko untuk merasa lebih hidup. Suzanne menikmati pemandangan itu dari vilanya yang indah. Merela bebeas. Ia ingin menjadi seperti mereka. Ia akan menjadi seperti mereka.

Acara Penutupan

20 Maret 2021 | 18.30 WIB

Seluruh rangkaian acara Semaine de la Francophonie akan ditutup pada Sabtu, 20 Maret 2021.

Pada acara malam penutupan ini, kami akan menyuguhkan pertunjukan spesial dari pendongeng Afrika, Adama Adépoju atau yang lebih dikenal sebagai Taxi conteur dan grup Rangkai Musik. Nama-nama pemenang lomba pidato, lomba menyanyi dan permainan Teka-teki Francophonie juga akan diumumkan. Apakah Anda salah satunya?

Jangan lewatkan untuk menyaksikan acara Malam Penutupan ini di kanal YouTube Institut Français d’Indonésie mulai pukul 18.30 WIB.

Sampai bertemu!


Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.