IFI

Warung Prancis

Animo mahasiswa di Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk melanjutkan studi keluar negeri cukup tinggi, salah satunya ke Prancis. Berdasarkan kunjungan Campus France ke beberapa universitas menunjukan 60 persen mahasiswa ingin melanjutkan ke luar negri. Namun sayang sekali, terkadang karena jarak yang cukup jauh dengan IFI-LIP Yogyakarta membuat mereka kesulitan mendapatkan informasi studi di Prancis terbaru dan memperdalam kemampuan bahasa Prancis mereka
 
Pada tanggal 18 Desember 2012, untuk pertama kalinya MOU “Warung Prancis” di tanda tangani antara IFI-LIP Yogyakarta dan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), dan kemudian akan disusul peresmian pembukaan pusat informasi ini di bulan Februari 2013.
 
Warung Prancis pertama di Yogyakarta dan merupakan yang ke empat di Indonesia ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang perguruan tinggi di Prancis bagi mahasiswa yang berminat meneruskan studi di Prancis. Di sana juga akan diadakan berbagai kegiatan pengenalan kebudayaan dan bahasa Prancis.

Selain sambutan yang baik juga diberikan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, melalui Pusat Bahasa, Agama dan Budaya, UIN bersedia menyediakan ruang bagi terealisasinya “Warung Prancis”, yang penandatangan Mou-nya direncanakan pada Januari 2013.
 
Selain di Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), berencana akan meresmikan meresmikan “Warung Prancis” selanjutnya berbarengan dengan peringatan ulang tahun mereka pada 11 Maret 2013, berikutnya Semarang, Purwokerto, Purworejo, Salatiga dan lainya.

 

KONTAK

Mazayannisa Suyuthi
Koordinator Warung Prancis dan Alumni
mazayannisa@ifi-id.com