d

KRONIK KEMUNCULAN DAN KEJAYAAN CORONAVIRUS

23 Juni 2020 | 18.30 | Zoom webinar
Gratis | Reservasi: Zoom


Beberapa tahun terakhir ini, kita menyaksikan jumlah kasus epidemi virus berlipat ganda, serta munculnya virus-virus baru yang menginfeksi manusia. Selain besarnya sorotan media akan kasus-kasus epidemi ini, ada beberapa faktor lain yang bisa menjelaskan mengapa fenomena kemunculan epidemi ini berlipat ganda, serta kesuksesan beberapa tipe virus. Untuk itu diperlukan virus yang kompeten, inang yang reseptif, kondisi lingkungan yang mendukung pertemuan keduanya, juga persistensi virus tersebut. Coronavirus adalah tipe virus yang karakteristiknya berpotensi membuatnya juara dalam memunculkan epidemi. Tidak hanya banyak ditemukan pada hewan, Coronavirus juga banyak menginfeksi manusia.


Dalam masa pandemi Covid-19 ini, sebuah webinar mengenai virus-virus yang luar biasa ini hendak diselenggarakan.

 

Profil pembicara:


Thomas Mourez adalah Atase Kerja Sama Kesehatan dan Pembangunan Sosial di Kedutaan Prancis di Vietnam.

Sebelumnya, ia adalah dosen di Universités-Praticien Hospitalier di Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Rouen, peneliti untuk Kelompok Riset Adaptasi Mikroba (Groupe de recherche sur l’adaptation microbienne/GRAM 2.0), anggota tim peneliti spesialis adaptasi virus-virus binatang di tubuh manusia, serta anggota Dewan Universitas Nasional (Conseil National des Universités/CNU; seksi 45).


Sebagai spesialis virologi kesehatan, sejak 2001 ia mulai meneliti tentang infeksi pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus. Riset-risetnya mengenai coronavirus telah dikutip sebanyak hampir 500 kali dalam kajian-kajian ilmiah internasional. Beberapa tahun setelahnya, ia memulai spesialisasinya dalam bidang HIV dan hepatitis di beberapa rumah sakit besar di Paris dan Cina. Pada tahun 2007, ia bergabung dengan Badan Riset Nasional untuk AIDS dan Hepatitis (Agence Nationale de Recherche sur le Sida et les hépatites virales/ANRS). Kemudian pada akhir tahun 2008, ia bergabung dengan Universitas Paris Diderot dan Institut Pasteur de Paris, membantu Frédéric Tangy di bagian Genomika Virus dan Vaksinasi dan mengerjakan disertasinya di sana.


Ia telah menulis sekitar 30 artikel yang diterbitkan di berbagai surat kabar internasional (18 di antaranya untuk pembaca tingkat A dan B), belasan artikel pendidikan frankofon dalam bidang kesehatan, serta sering menjadi pembicara dalam berbagai konferensi tingkat nasional dan internasional. Ia adalah juga Kepada Redaksi 
Traité de Virologie Médicale (800 halaman, terbitan SFM), jurnal berbahasa Prancis yang dijadikan referensi virologi.


Thomas Mourez bergelar doktor di bidang farmasi dan sains, serta memiliki gelar akademik di bidang pedagogi kesehatan.

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+

Thanks!

Your subscription

has been succesfully recorded.