.

Pendidikan Informal - Debat Ide

Prancis dan Indonesia terlibat dalam dialog rutin mengenai isu-isu besar yang mereka hadapi bersama. Bagian Kerja Sama Pendidikan menawarkan program yang bervariasi seputar dua isu utama: kesetaraan gender dan pariwisata, dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang merangkum debat ide, testimoni, aktivisme, pelatihan sambil menjamin pluralitas pendapat dan metode.

Gender

Kampanye 16 Hari Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan

Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan UN Women setiap tahunnya melibatkan beragam asosiasi Indonesia untuk menyelenggarakan Kampanye 16 Hari  Melawan Kekerasan Gender dan Seksual. Kampanye ini dimulai setiap tanggal 25 November, yaitu pada Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan, dan berakhir pada tanggal 10 Desember pada Hari Hak Asasi Manusia Internasional.
IFI berkomitmen penuh dalam kampanye ini, pesan yang juga dibawa oleh diplomasi feminis Prancis. Setiap tahunnya, kampanye ini mempertemukan sejumlah asosiasi dalam sebuah acara dengan program yang kaya (konferensi, debat ide, kegiatan budaya dan intelektual). Kampanye tahun 2019 mempertanyakan representasi perempuan, khususnya dalam lingkungan-lingkungan yang masih sangat didominasi kaum pria (stand up comedy, politik). Pada tahun 2020, kampanye yang diselenggarakan sepenuhnya daring ini, mengangkat tema pelecehan seksual dalam dunia maya.

Generation Equality Forum

Pada tahun 2021, Generation Equality Forum yang merupakan puncak perjuangan selama puluhan tahun untuk kesetaraan gender, akan diselenggarakan di Paris, di bawah naungan UN Women dan seluruh komunitas internasional. Forum ini menyoroti perjuangan para pembela kesetaraan gender dari seluruh lapisan masyarakat (pemerintah, masyarakat sipil, swasta, pengusaha, serikat pekerja, seniman, universitas dan tokoh-tokoh berpengaruh).

Menjelang perhelatan akbar diplomasi feminis ini, sepanjang semester pertama tahun ini Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dan IFI akan menyelenggarakan berbagai program acara: pertemuan, debat, diskusi seputar isu-isu yang akan diangkat pada bulan Juni nanti di Paris. Dalam semangat Generation Equality Forum, program-program tersebut akan mempertemukan dan melibatkan para tokoh masyarakat Indonesia, berbagai perusahaan, instansi pemerintah dan organisasi masyarakat sipil.

Pada akhir rangkaian acara tersebut, para partisipan dari Indonesia akan diseleksi oleh Kedutaan Besar Prancis untuk mewakili Indonesia dalam pertemuan besar Generation Equality Forum bulan Juni 2021 mendatang di Paris.

Pariwisata

F.I.T.E
Tiga pemenang Kompetisi F.I.T.E 2018

Prancis, destinasi wisata dunia, dan Indonesia, destinasi wisata yang berkembang pesat dan memiliki potensi yang sangat besar, sama-sama memandang pariwisata sebagai sektor ekonomi prioritas.

Sadar akan pentingnya menggerakkan para pelaku pariwisata Prancis dan Indonesia melalui program-program pelatihan, refleksi tentang perubahan dalam sektor pariwisata, tentang dampak dari pandemi yang melanda dunia, tentang isu-isu pariwisata hijau dan pariwisata lokal yang sedang berkembang, setiap tahun IFI menyelenggarakan F.I.T.E (Forum for International Tourism and the Environment) bekerja sama dengan sebuah lembaga pendidikan Indonesia dan Universitas Georges Washington.

Menggerakkan berbagai institusi pariwisata seantero Nusantara, setiap tahunnya F.I.T.E dibuka dengan panggilan kompetisi video untuk mengundang kreativitas pelajar-pelajar Indonesia dalam memberikan solusi terhadap berbagai isu dan tantangan pariwisata di masa depan. Beberapa peserta terbaik akan berlaga di konferensi final untuk mempertunjukkan bakat presentasi mereka di hadapan para juri yang terdiri dari profesional pariwisata, pengajar dan staf diplomatik. Para pemenang kemudian diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan selama beberapa minggu di Universitas Angers.
Tiga pemenang Kompetisi F.I.T.E 2019

 Tahun 2021 ini, F.I.T.E akan mengangkat tema-tema seputar tantangan yang dihadapi dunia pariwisata di masa pandemi dunia ini.