.

PELATIHAN KEJURUAN BIDANG SENI KULINER PEMBUATAN KUE DAN ROTI

Pada tanggal 14 sampai 20 Juni 2019, Institut Prancis di Indonesia, bekerja sama dengan Hospitality School of Paris Lycée Jean Drouant, Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, P4TK Pariwisata dan Grup Metland (Hotel Horison dan SMK Metland) mengadakan pelatihan tentang seni kuliner pembuatan kue dan roti.

Belajar dari seorang Chef Prancis!

22 guru dan widyaiswara dari 20 SMK dan P4TK Pariwisata di pulau Jawa, Bali dan Sumatera telah mengikuti pelatihan yang diampu oleh dua orang nara sumber asal Prancis, yakni Bapak Dirk Van-Lieshout (Chef dan pengajar di SMK Guillaume Tirel, Paris) yang telah mentransfer keahlian dan antusiasmenya di bidang pembuatan kue dan roti dan Bapak Michel Hartbrot (pengajar dan penanggung jawab hubungan internasional di Hospitality School of Paris) yang bertanggung jawab terhadap proses transfer kompetensi pedagogik selama pelatihan berlangsung.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Bapak Bakrun (Direktur Pengembangan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) dan Ibu Emilienne Baneth-Nouailhetas (Atase Kerja sama Pendidikan, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia) yang telah bersama-sama menunjukkan peran gastronomi sebagai bagian dari vektor kebudayaan dan kreativitas.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi pedagogik dan teknik para guru dan widyaiswara Indonesia di bidang terkait, yang kemudian dapat mengajarkan kembali hal-hal yang didapat selama pelatihan kepada siswa-siswi di sekolah. Pelatihan ini mengintegrasikan pengetahuan tentang bahan baku dan peralatan khusus untuk pembuatan kue dan roti, juga pendalaman teknik-teknik membuat adonan, fermentasi dan pemanggangan.

Para peserta telah mampu membuat kue dan roti dengan mengikuti teknik pembuatan dan bahan baku dari resep-resep Prancis, seperti baguette, roti cokelat, croissant, macaron, madeleine, brioche dan kue soes dengan memperhitungkan perbedaan-perbedaan bahan dan temperatur lingkungan antara Prancis dan Indonesia. Selain itu, dihasilkan juga produk-produk orisinil yang menggunakan bahan baku lokal Indonesia.

Kerja sama antara IFI – Kedubes Prancis, Direktorat PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Grup Metland ini akan dilakukan kembali pada September mendatang, di mana para siswa/i SMK juga dapat ikut serta dan memperlihatkan kreativitas mereka kepada publik.

Kegiatan ini memungkinkan pengembangan kerja sama yang dapat dilakukan secara berkelanjutan dalam bidang memasak dan servis restoran.