.

Menemukan Budaya Ilmiah di Prancis

PROYEK UNTUK TALENTA MUDA INDONESIA
Testimoni Mohammad Qoimam Bilqisthi Zulfikar

Pada tanggal 1 hingga 7 Desember 2018, saya mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di sebuah program yang luar biasa, bernama Pekan Talenta Ilmiah Muda Frankofon. Selama sepekan, saya telah mempresentasikan proyek-proyek ilmiah di kantor pusat Organisasi Internasional Frankofoni (OIF) dan bertukar pengalaman seputar frankofoni di bidang komunikasi ilmiah, ilmu teknik dan industri.

Pengalaman tersebut sangatlah inspiratif dan sekembali saya ke Indonesia, saya memutuskan untuk membuat sebuah program bagi para anak muda di daerah saya, Provinsi Jawa Timur. Tujuan utama dari program ini adalah mempresentasikan kemajuan budaya ilmiah di Prancis dan menceritakan pengalaman saya selama di Paris. Saya berharap lebih banyak anak muda yang mengerti akan pentingnya budaya ilmiah dan antusias berpartisipasi dalam program Universcience dan Campus France.

Bekerja sama dengan IFI Surabaya, saya mengajukan untuk menyelenggarakan sesi sharing, dimana saya dapat mempresentasikan kegiatan saya selama berada di Pekan Talenta Ilmiah Muda Frankofon 2018, memperkenalkan program-program Universcience dan juga perkembangan budaya ilmiah di Prancis. Program ini telah terselenggara pada bulan September dan Oktober 2019 di tiga institusi berikut:

  • 28 September 2019, di Institut Français d’Indonésie (IFI) Surabaya [90 peserta]
  • 5 Oktober 2019, di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang [80 peserta]
  • 7 Oktober 2019, di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya [40 peserta]

Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan program ini.

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+