Belajar Bahasa Prancis

Sertifikasi

UJIAN INTERNASIONAL DELF-DALF

DELF-DALF adalah ijasah bahasa Prancis dari Kementrian Pendidikan Nasional Prancis, yang berlaku internasional dan seumur hidup. DELF-DALF mengacu pada kerangka bersama Eropa untuk Bahasa atau yang dikenal juga dengan singkatan CECRL. Terdapat 6 tingkatan yang diujikan : A1, A2, B1, B2, C1 dan C2. Ujian DELF-DALF ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, tiga kali dalam setahun pada bulan : Maret, Juni dan November. Pendaftaran ujian berlangsung satu bulan sebelum jadwal ujian di IFI.

 

DESKRIPSI GLOBAL 6 tingkatan CECR :

 

 

PENUTUR

DASAR

A1

Dapat memahami dan menggunakan ungkapan-ungkapan yang akrab dan bersifat keseharian, juga ucapan-ucapan sangat sederhana untuk memenuhi kebutuhan konkret.

Dapat memperkenalkan diri atau memperkenalkan orang lain dan mengajukan pertanyaan pada orang lain mengenai misalnya, tempat tinggalnya, keluarganya, hal-hal yang dimilikinya, dll. Dan dapat menjawab pertanyaan sejenis.

Dapat berkomunikasi dengan cara yang sederhana jika lawan tuturnya berbicara pelan dan jelas dan terlihat mau bekerja sama.

A2

Dapat memahami kalimat-kalimat jadi (bentukan) dan ungkapan yang seringkali digunakan terkait perihal kebutuhan dasar (misalnya informasi pribadi dan keluarga yang sederhana, berbelanja, lingkungan sekitar, pekerjaan).

Dapat berkomunikasi dalam tugas-tugas yang sederhana dan biasa, yang hanya memerlukan pertukaran informasi sederhana dan langsung mengenai tema-tema yang akrab dalam keseharian dan biasa.

Dapat mendeskripsikan dengan cara yang sederhana pendidikannya, lingkungan sekitarnya, dan mengutarakan tema-tema yang berhubungan dengan kebutuhan dasar.   

PENUTUR

MANDIRI

B1

Dapat memahami poin-poin penting jika digunakan bahasa yang jelas dan standar dan temanya adalah hal-hal yang akrab dalam pekerjaan, sekolah, hiburan, dll.

Dapat menemukan jalan keluar dalam berbagai situasi yang dapat dijumpai ketika bepergian di sebuah tempat yang menggunakan bahasa yang dipelajari. Dapat memproduksi sebuah wacana yang sederhana dan koheren mengenai tema-tema yang lazim dan bidang-bidang yang dikuasainya.

Dapat menceritakan sebuah kejadian, sebuah pengalaman atau mimpi, mendeskripsikan sebuah harapan atau sebuah tujuan dan memaparkan dengan singkat alasan atau penjelasan untuk sebuah proyek atau ide.  

B2

Dapat memahami muatan penting dari subjek konkret atau abstrak dalam sebuah teks kompleks, termasuk sebuah diskusi teknik pada bidang spesialisasinya.

Dapat berkomunikasi dengan tingkat kespontanan dan kemudahan seperti perbincangan dengan seorang penutur asli, yang tidak menimbulkan ketegangan bagi masing-masingnya.

Dapat mengungkapkan dengan jelas dan detil berbagai tema, menyampaikan pendapat tentang tema aktual dan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari berbagai kemungkinan.

PENUTUR

BERPENGALAMAN

C1

Dapat memahami berbagai jenis teks yang panjang dan rumit, dan menjangkau makna-makna yang implisit.

Dapat berekspresi dengan spontan dan lancar tanpa kelihatan terlalu mencari kata-kata.

Dapat menggunakan bahasa dengan cara yang efektif dan lentur dalam kehidupan sosial, profesional atau akademik.

Dapat mengungkapkan tentang tema-tema yang kompleks dengan cara yang jelas dan terstruktur dengan baik dan menunjukkan kontrol penggunaan perangkat penataan bahasa, artikulasi dan kohesi wacana.

C2

Dapat memahami dengan mudah semua yang ia baca atau dengar.

Dapat menyusun kembali argumen dari berbagai sumber tertulis dan lisan dengan meresume secara koheren.

Dapat mengungkapkan dengan spontan, sangat lancar dan secara persis serta dapat membuat perbedaan dengan nuansa makna yang halus terkait dengan subjek yang kompleks.

 

UJIAN TCF

TCF adalah evaluasi bahasa Prancis umum yang ditujukan bagi penutur bahasa Prancis yang  ingin mendapatkan sertifikat resmi, baik untuk keperluan pekerjaan, pribadi ataupun sekolah, dengan cara yang mudah, akurat dan cepat. Sertifikat TCF berlaku selama dua tahun. Hasil tes TCF menunjukkan tingkat kemampuan bahasa sesuai dengan 6 tingkat penguasaan bahasa berstandar kerangka CECRL (A1-C2).

 

JADWAL UJIAN TCF