Musik

Balungan 2017

26 Juli 2017 | 19.30
Auditorium IFI Yogyakarta

Jl. Sagan No. 3, Yogyakarta

GRATIS (dengan reservasi)

http://bit.ly/2ukTw36

Balungan, atau yang berarti “tulang” dalam bahasa Jawa, adalah merupakan salah satu alat musik gamelan dalam gamelan Jawa. Nama ini kemudian diambil sebagai nama program kolaborasi penciptaan musik dengan musisi dari 2 (dua) negara, yaitu Indonesia dan Perancis. Pertama kali dilaksanakan tahun 2014, program ini dilakukan secara kolektif oleh Komunitas Gayam16 (Yogyakarta, Indonesia), INOUÏ PRODUCTIONS (Avignon, Prancis), LE PHARE À LUCIOLES (Sault, Prancis), dan CHEF MENTEUR (Lyon, Prancis) untuk IFI LIP Yogyakarta.

 

Pertunjukan Balungan, sebutan dalam bahasa Jawa untuk melodi dasar musik gamelan, melibatkan 12 musisi dari kedua negara yang menyelaraskan musik tradisional Jawa dengan musik Baratkontemporer. Kolaborasi seni ini membuat 12 musisi yang terlibat di dalamnya menyadari “kesamaan cara bermusik dalam dirinya dengan para pemain musik yang lainnya”. Kolaborasi inimenghasilkan pertunjukan berdurasi 1,5 jam, persilangan budaya antara gamelan Jawa, gitar elektrik, bas elektrik, keyboard, drum dan vokal.

 

Dari segi artistik, Balungan mempertemukan pengalaman masing-masing musisi dan membentuk sebuah bangunan kolektif dengan 12 repertoar hasil ciptaan masing-masing musisi. Dengan visi bersama, menciptakan karya di luar batas kontemporer, bahkan menciptakan jenis musik baru.

Dan akhirnya, 12 musisi yang terlibat ini juga mempunyai pengalaman mempelajari dan menyebarkan bentuk-bentuk inovatif yang akan membawa mereka ke dalam bentuk workshop ataupun pertemuan formal dan informal (residensi) selama mereka berproses.