Voyager en france

Festival Interceltik Lorient di Bretagne Awal Agustus Ini

Festival Interceltik Lorient adalah festival musik Celtik tahunan yang dirayakan di Lorient, Bretagne, Prancis. Festival berlangsung selama 10 hari di awal bulan Agustus dan setiap tahunnya dihadiri oleh lebih dari 800 ribu orang. Edisi ke-46 festival ini akan diselenggarakan dari tanggal 5 s.d. 14 Agustus 2016. Puluhan grup musik dari berbagai daerah Celtik akan berpartisipasi, utamanya dari Bretagne, Irlandia, Skotlandia, Galisia dan Asturia (Spanyol).

 

Namun tahun ini ada yang berbeda. Untuk pertama kalinya sejak 10 tahun, Festival Interceltik memberikan kehormatan kepada Australia yang masyarakat pendatangnya memiliki akar budaya Celtik.

 

Program festival tahun ini dimeriahkan dengan berbagai konser, kompetisi bagpipe (alat musik tiup Celtik) dan tarian Celtik, parade, serta tentu saja Fest Noz, pesta ala Breton yang sejak 2012 terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non Bendawi. Bila Anda berniat mampir ke Prancis musim panas ini, tentunya jangan sampai melewatkan festival ini!

 

Siapakah bangsa Celtik itu ?

Celtik adalah bangsa yang paling kuat di Eropa sebelum penaklukan wilayah Galia (sekarang Prancis) oleh Romawi. Wilayah kekuasaan mereka sampai ke Laut Hitam di Irlandia. Merekalah bangsa pertama yang mengolah besi, jauh sebelum bangsa Yunani dan Romawi; membuatnya menjadi peralatan kerja sederhana sampai peralatan mekanis.

 

Berbagai tempat di Eropa masih menyandang nama Celtik sampai hari ini, bahkan Paris! Raja Arthur, Merlin dan Kesatria Meja Bundar adalah orang-orang Celtik. Dan tahukah Anda bahwa Halloween adalah perayaan Tahun Baru Celtik?