Sains dan Teknologi

Sorotan tentang Penelitian Dua Peneliti Indonesia di Jurnal Sciences Humaines

Jurnal Sciences Humaines menyoroti penelitian dua peneliti psikologi sosial dari Universitas Bina Nusantara mengenai kesukaan akan angka-angka dan penggunaannya.

 

Penelitian tersebut berangkat dari pengamatan terhadap mahasiswa-mahasiswa ilmu sosial dan psikologi yang cenderung tidak menyukai metode kuantitatif dalam melakukan penelitian mereka meski metode tersebut memberikan sumbangsih besar. Mengapa? Hal tersebutlah yang coba dipahami oleh Juneman Abraham, dosen psikologi sosial, dan mantan mahasiswanya, Tommy Prayoga, dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam Kasetsart Journal of Social Sciences.

 

Hasilnya, disimpulkan tiga faktor penentu mengapa kita menyukai atau membenci angka-angka:

1. Metode pengajaran matematika yang membantu para pembelajar memahami konsep matematika, penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan demikian merasa mampu menggunakan statistik.

2. Kepercayaan diri dalam menyelesaikan sebuah masalah yang meningkatkan kecenderungan para pembelajar dalam mengunakan angka-angka.

3. Sikap dalam menghadapi sesuatu yang belum diketahui yang telah tumbuh sejak usia muda dan yang menjelaskan ketakutan mereka akan kegagalan. Kenangan buruk terhadap matematika juga mempengaruhi.

 

Kesukaan terhadap statistik di Prancis juga sama rendahnya dengan di Indonesia!