Kerjasama

Peresmian Pusat Bahasa Prancis di Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh

Pada tanggal 23 Februari 2017, telah diresmikan Pusat Bahasa Prancis di Universitas Teuku Umar (UTU) yang terletak di Meulaboh, Aceh.

 

Bapak Prof. Dr. J. Jasman Ma'ruf, SE, MBA, rektor UTU dan Atase Kerja Sama Bahasa Prancis, Bapak François Roland-Gosselin, mengesahkan kerja sama ini dalam bentuk penandatanganan MoU yang menyantumkan bahwa peresmian Pusat Bahasa Prancis ini adalah langkah awal untuk mobilitas para guru dan siswa ke  Prancis.

 

Sebagai bagian dari penempatan posisi UTU di tingkat nasional di antara perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan berbagai program unggulan, kerja sama di bidang bahasa ini berperan sepenuhnya pada keterbukaan UTU terhadap dunia internasional.

 

Sebuah pilihan politik publik yang sangat kuat untuk mengintegrasikan universitas dalam ranah pembangunan ekonomi dan sosial di wilayahnya karena menguasai bahasa asing dapat memberikan kemampuan untuk mengembangkan pertukaran barang, jasa, serta memberikan kontribusi terhadap pertukaran informasi dan sumber daya manusia.

 

Selama rangkaian acara peresmian, Dr. Ir Alfizar, DAA, Wakil Rektor I UTU, alumni Prancis di bidang studi pertanian, menekankan bahwa "Pembelajaran bahasa Prancis, bahasa acuan di bidang ilmiah dan akademik, tidak hanya akan memberikan kompetensi yang sangat penting untuk masa depan siswa, tetapi juga akan memperkuat hubungan emosional antara kedua negara yang dapat terus ditingkatkan oleh para profesional di masa yang akan datang untuk membangun proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat."

 

Kerja sama internasional pertama UTU ini disambut baik oleh IFI dan Kedutaan Besar Prancis agar selanjutnya dapat terus diperkuat.

 

Semoga berhasil peserta didik baru bahasa Prancis!