Tesis Saya Dalam 180 Detik

MA THÈSE EN 180 SECONDES 2018

Datang dan presentasikan disertasi Anda dalam 3 menit di Poitiers tanggal 27 Juni 2018 di hadapan peserta Kongres Kerja Sama Prancis-Indonesia ke-10!

Pendaftaran dibuka untuk edisi 2018 paling lambat tanggal 23 Februari pukul 00.00.

Anda dapat mendaftar bila Anda :

  • Berbahasa Prancis;
  • Sedang mengerjakan disertasi atau telah mendapatkan gelar doktor pada tahun ajaran 2016/2017;
  • Terdaftar atau pernah terdaftar di sebuah universitas Indonesia dalam program S3 (bila tidak, maka pendaftaran Anda dapat diterima, namun Anda tidak bisa mewakili Indonesia bila lolos ke Final Internasional MT180);
  • Anda telah memberitahukan pembimbing disertasi Anda perihal keikutsertaan Anda dalam ajang ini.

Untuk berpartisipasi, unggah formulir di bawah ini dan kirimkan ke email nicolas.gascoin@diplomatie.gouv.fr

Unggah formulir pendaftaran di sini.

 

Apa itu Ma Thèses en 180 Secondes?

Dalam kompetisi Ma Thèse en 180 Secondes (atau dalam bahasa Indonesia: Tesisku dalam 180 Detik) yang ditujukan untuk mahasiswa doktoral dan doktor muda, para peserta diminta mempresentasikan tesis mereka dalam bahasa Prancis dengan menggunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti publik awam. Dalam waktu 180 detik, mereka harus dapat membuat pemaparan yang jernih, efisien dan meyakinkan tentang proyek penelitian mereka. Setiap peserta hanya diperbolehkan mempergunakan 1 buah slide presentasi. Presentasi mereka dinilai berdasarkan kualitas dan orisinalitas subyek penelitian mereka, pembawaan mereka di atas panggung dan kemampuan menonjolkan daya tarik penelitian mereka.

 

Kompetisi ini terinspirasi dari Three Minute Thesis (3MT®) yang digagas oleh Universitas Queensland, Australia. Konsep ini pertama kali diaplikasikan ke dalam bahasa Prancis pada 2012 di Québéc oleh Association Francophone pour le Savoir (Acfac) yang kemudian mengembangkannya agar dapat diikuti oleh negara-negara frankofon (atau berbahasa Prancis). Di Prancis sendiri, lomba ini baru diadakan pada 2014 oleh CNRS dan CPU. Kini, kompetisi ini telah diikuti oleh 10 negara frankofon. Sejak tiga tahun lalu, Prancis telah dapat mengibarkan benderanya melalui 2 finalisnya yang berhasil lolos sampai ke final internasional di Quebéc pada 2014, peraihan juara kedua pilihan juri dan juara pertama pilihan penonton oleh kandidat yang sama pada saat final internasional tahun 2015 di Paris, dan juara ketiga pada final internasional pada tahun 2016 di rabat (Maroko).


Apa yang dimaksud dengan disertasi? Kok Bisa menjelaskannya dalam waktu kurang dari 180 detik!


Ada pertanyaan lain yang ingin Anda tanyakan namun tidak berani mengutarakannya? Kunjungi saluran YouTube Kok Bisa.


Mengapa menyelenggarakan Ma Thèse en 180 Secondes di Indonesia?

Kedutaan Besar Prancis di Indonesia memiliki komitmen untuk mendukung dan menaikkan nilai kerja sama Prancis-Indonesia di berbagai bidang. Dalam bidang penelitian, kerja sama ini telah berlangsung sangat lama, namun penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para doktor Indonesia yang frankofon atau pernah berkuliah di Prancis relatif belum marak diketahui. Ditambah lagi, biasanya peneliti muda yang kemampuannya sering dianggap di atas rata-rata, kesulitan menemukan pekerjaan selain di universitas-universitas. Padahal, banyak perusahaan Prancis di Indonesia yang membutuhkan mereka. Maka dari itu, penting dirasa untuk memperkenalkan sekaligus menaikkan nilai pendidikan dan penelitian yang mereka lakukan, selain untuk mempromosikan manfaat bahasa Prancis bagi mereka agar mereka mendapatkan tempat yang sepadan dengan kualifikasi mereka di dunia kerja, serta agar mereka terbantu dalam melakukan penelitian di Indonesia.

 

Melalui kompetisi yang memberikan kehormatan kepada para peneliti muda ini, kami berharap dapat memperkenalkan hasil-hasil penelitian mereka, mempromosikan lulusan pendidikan tinggi Prancis dan Indonesia, serta memasyarakatkan riset dengan cara yang menyenangkan dan inovatif.


MT180 2016 dalam gambar


Untuk mengetahui tentang MT180 edisi 2016, silakan kunjungi halaman MT180 2016.


Share:

PARTNER